Jurusan Terbaik yang Mengarahkan Mu Menajadi SEO Hebat –  Jika bingung memulai dari mana, kamu bisa mulai dengan mencari jurusan kuliah untuk pengusaha. Tanyakan kepada CEO berpengalaman mana pun dan mereka pasti akan memberi tahu bahwa jalan untuk mencapai posisi yang kamu dambakan tidak pernah linier. Setiap pengusaha melewati spaceman perjalanan yang sulit dan seringkali berbelit-belit sebelum mendapatkan gelar CEO. Meskipun banyak perusahaan dan bisnis yang mencari kandidat dengan gelar MBA, semakin banyak juga jurusan yang bagus buat pengusaha selain jurusan manajemen bisnis.

Jurusan Teknik

Jurusan teknik mengajarkan pemikiran analitis yang kuat, yang merupakan aset berharga bagi seorang CEO. Kamu akan belajar untuk mengatasi tantangan dengan menggunakan solusi yang kreatif. Keterampilan ini sangat penting bagi seorang pemimpin untuk dapat menghadapi berbagai masalah yang dihadapi perusahaan. Maka dari itu, jurusan teknik merupakan salah satu yang cocok buat para calon CEO.

University of New South Wales : Industrial Engineering

University of Technology Sydney : Data Engineering

Curtin University : Metallurgical Engineering

University of Queensland : Electrical Engineering

Jurusan Komputer

Seorang pemimpin perlu membuat keputusan yang cerdas berdasarkan data. Jurusan komputer mengajarkan keterampilan analisis data yang diperlukan untuk mengurai informasi yang kompleks dan mengambil keputusan yang tepat. Pengetahuan dan keterampilan ini sangat penting bagi seorang CEO yang memimpin perusahaan teknologi. Terdapat banyak sekali CEO yang merupakan lulusan jurusan yang berhubungan dengan komputer seperti Tim Cook, Mark Zuckerberg, dan masih banyak lagi.

University of Bristol : Data Science

Arizona State University : Software Development

Deakin University : Artificial Intelligence

RMIT University : Computer Science

Jurusan Bisnis

Pilihan pertama jurusan kuliah untuk menjadi CEO adalah bisnis. Alasannya karena jurusan ini memberikan kamu pemahaman yang mendalam tentang aspek bisnis dan manajemen, yang sangat relevan untuk peran pemimpin. Salah satunya petinggi bisnis yang mempelajari bidang studi ini adalah Doug McMillon, CEO dari Walmart, yang mengantongi gelar MBA. Selain itu ada juga Warren Buffet orang terkaya di dunia nomor 5.

University of Auckland : Business (General)

Monash University : International Business

University of Manchester : Entrepreneurship

University of Melborune : Business Administration

Jurusan Entrepreneurship

Selanjutnya adalah jurusan entrepreneurship yang memiliki fokus yang lebih khusus jika dibandingkan dengan studi bisnis pada umumnya. Jurusan entrepreneurship mengajarkan mahasiswa bagaimana meluncurkan, mengelola, dan mengembangkan bisnis secara efisien melalui modul yang berfokus pada manajemen, development, akuntansi, sales, dan marketing. Mau studi entrepreneurship? Ini dia beberapa universitas terbaiknya menurut EduRank:

  • George Mason University (rank #2 di AS)
  • University of Amsterdam (rank #5 di Eropa)
  • University of Nottingham (rank #9 di Eropa)

Jurusan Commerce

Dunia ini dinamis dan penuh dengan banyak perubahan. Untuk senantiasa mengikuti perubahan yang ada, kamu bisa mempelajari salah satu jurusan kuliah untuk pengusaha yakni jurusan commerce. Jurusan ini mengajarkan mahasiswa cara menghadapi semua perubahan ekonomi dengan cara terbaik. Terlebih lagi jurusan commerce juga membantumu beradaptasi dengan lingkungan bisnis dan kebutuhan bisnis. Berikut adalah beberapa universitas dengan jurusan commerce terbaik menurut QS World University Rankings by Subject 2023: Business & Management Studies:

  • The University of Manchester (rank #35)
  • The University of Melbourne (rank #37)
  • The University of New South Wales (rank #42)

Jurusan Ekonomi

Rekomendasi jurusan untuk menjadi CEO selanjutnya adalah ekonomi. Pengetahuan dari jurusan ini membantu CEO memahami bagaimana merencanakan bisnis agar dapat tumbuh dan berkembang. Mereka dapat menggunakan analisis ekonomi untuk meramalkan tren pasar dan mengidentifikasi peluang bisnis. Sangat banyak CEO yang merupakan lulusan jurusan ilmu ekonomi, salah satunya yang paling terkenal adalah Elon Musk.

University of Sydney : Economics

University of Amsterdam : Monetary Policy and Banking

University of Essex : International Economics

University of Waterloo : Economic development

Jurusan Manajemen

Jurusan yang cocok untuk menjadi CEO selanjutnya adalah manajemen. Hal ini relevan karena jurusan manajemen akan membekali kamu dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk memimpin dan mengelola sebuah perusahaan. Kamu juga bisa mengembangkan wild bandito kepribadian yang lebih teratur, rapi, supel, dan disiplin. Salah satu yang mempunyai gelar ini Jim Farley yang merupakan CEO dari Ford, yang merupakan lulusan jurusan business management.

University of Alberta : Strategic Management

University of Birmingham : Marketing Management

Macquarie University : Financial Management

University of Glasgow : Business Management

Jurusan Engineering

Menjadi seorang insinyur menuntut bakat mental yang kuat dan kemauan untuk memperhatikan detail-detail kecil yang mungkin diabaikan oleh orang lain. Untuk itu, jurusan engineering adalah salah satu jurusan kuliah untuk pengusaha. Sebagai mahasiswa engineering, kamu dilatih untuk menjadi teliti dalam berjalan menuju kesuksesan ketika mengambil posisi kepemimpinan dalam sebuah perusahaan. Selain itu, engineering seringkali menjadi CEO yang hebat karena cara sistematis yang diajarkan kepada mereka untuk mendekati dunia dan memecahkan permasalahan dalamnya. Mau jadi mahasiswa engineering? Kamu bisa kuliah di salah satu universitas terbaik menurut QS World University Rankings by Subject 2023: Engineering & Technology di bawah ini:

  • Zhejiang University (rank #29)
  • The University of Manchester (rank #32)
  • University of Waterloo (rank #37)