Pendidikan Vokasi – Dukungan dunia usaha dan dunia industri terhadap pendidikan vokasi dinilai semakin positif. Kepercayaan industri terhadap investasi untuk mendukung penyelarasan pendidikan legend of garuda vokasi diyakini mampu meningkatkan ekosistem kemitraan yang akan berkontribusi dalam menggerakkan perekonomian nasional.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Kiki Yuliati di Jakarta, Senin (6/2/2023), mengatakan transformasi pendidikan vokasi khususnya revitalisasi SMK, telah dimulai. membuahkan hasil. Melalui program SMK Center of Excellence (PK) skema dukungan pendampingan yang diluncurkan pada tahun 2022, animo dunia usaha dan dunia industri (DUDI) semakin link slot gacor meningkat pada tahun 2023. Program kerjasama dengan investasi dari DUDI antara lain dukungan sarana dan prasarana pertemuan, penyelarasan kurikulum, dengan kegiatan lain yang direncanakan.

Ia yakin dengan semakin besarnya kepercayaan DUDI dalam mendukung pendidikan vokasi maka akan tercipta pendidikan vokasi. Khusus untuk SMK, hal ini akan menjadikan SMK ini semakin relevan dalam menunjang kebutuhan DUDI di masa depan.

Sinyal positif ini memberikan dukungan untuk terus meningkatkan transformasi pendidikan vokasi melalui revitalisasi SMK karena disambut baik oleh DUDI

“Transformasi pendidikan vokasi dengan kebijakan yang konsisten dari presiden hingga menteri dan satuan pendidikan menjadikan perubahan menuju link and match lebih kondusif sehingga menumbuhkan kepercayaan dari industri,” kata Kiki.

Menurut Kiki, kepercayaan dari DUDI ini mendorong para pengurus SMK untuk mau memahami kebutuhan DUDI guna menyelenggarakan konsentrasi keahlian yang relevan untuk memenuhi kebutuhan di masa depan. Saat ini baru 56 dari 128 konsentrasi keahlian yang diprioritaskan. Namun kedepannya akan terus dievaluasi sesuai dengan perkembangan masyarakat dan dunia kerja.

Baca juga: STEM dan Model Pembelajaran

Sementara itu, Direktur SMK Wardani Sugiyanto mengatakan, pada awal tahun 2023 komitmen investasi DUDI ke SMK PK untuk skema dukungan pendamping telah mencapai Rp2,3 triliun. Terdapat 2.559 DUDI mulai dari UMKM hingga perusahaan besar dan 4.021 SMK yang telah mendaftar.

“Akhir Februari ini kami targetkan pada tahun ini sudah bisa melakukan kurasi pelamar DUDI atau SMK. Peningkatan pendaftaran slot777 pada tahun ini menunjukkan semakin besarnya kepercayaan industri untuk bermitra dengan SMK karena mereka mulai merasakan manfaatnya.” Biaya penyiapan SDM di DUDI bisa ditekan hingga 50 persen,” kata Wardani.

Terdapat lima kompetensi utama vokasi yang diminati, yaitu teknik kendaraan ringan otomotif, multimedia, desain komunikasi visual, rekayasa perangkat lunak, dan agribisnis tanaman pangan dan hortikultura. Namun SMK yang memiliki kompetensi seni juga diminati karena kompetensi akun pro rusia lulusannya diyakini mampu memenuhi kebutuhan industri seni/hiburan.