Pembelajaran dan Keterampilan Berbasis Proyek – Project Based Learning merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperdalam pengetahuannya sekaligus mengembangkan keterampilan melalui kegiatan pemecahan masalah dan investigasi.

Model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) ini tidak hanya berfokus pada hasil akhir saja, namun lebih menekankan pada proses bagaimana siswa dapat menyelesaikan permasalahannya hingga akhirnya menghasilkan suatu produk. Pendekatan ini memungkinkan siswa untuk mendapatkan pengalaman berharga dengan berpartisipasi aktif dalam proyek mereka. Hal ini tentu saja lebih menantang daripada hanya duduk diam mendengarkan penjelasan guru atau membaca buku lalu mengerjakan kuis atau ulangan.

Prinsip dalam Pembelajaran Berbasis Proyek

Berawal dari Sebuah Masalah atau Pertanyaan

Pembelajaran berbasis proyek selalu dimulai dengan masalah atau pertanyaan. Soal-soal yang harus diselesaikan harus memiliki tingkat kesulitan yang disesuaikan dengan tingkat siswa.

Baca juga: 3 Cara Menjadikan Pendidikan Sebagai Solusi Perubahan Iklim

Otentik & Relevan

Proyek yang dikerjakan siswa harus memuat pertanyaan-pertanyaan di dunia nyata atau yang relevan dengan pengalaman siswa. Siswa dapat menghubungkan pengetahuan yang diperoleh selama belajar dengan manfaat atau kegunaannya di dunia nyata.

Kebebasan untuk Memilih

Metode pembelajaran berbasis proyek hendaknya memberikan kebebasan kepada siswa untuk menentukan strategi pemecahan masalah, produk apa yang akan dihasilkan, dan juga bagaimana cara menghasilkan produk tersebut.

Refleksi diri

Dalam Pembelajaran Berbasis Proyek siswa diharapkan mampu merefleksi semua pengalaman yang telah diperolehnya selama mengerjakan proyeknya. Kemudian siswa mampu menyimpulkan pelajaran berharga apa yang dapat diambil selama proses pembelajaran berbasis proyek.

Memasuki

Metode pembelajaran berbasis proyek juga mengajarkan siswa untuk dapat memberi dan menerima masukan atas proyek yang sedang mereka kerjakan. Dengan demikian mereka tidak hanya belajar dari guru mereka tetapi dapat belajar dari satu sama lain dan teman-teman mereka.

Presentasi

Pada akhir proses pembelajaran berbasis proyek, siswa harus mampu mempresentasikan temuan atau produknya di hadapan teman sekelasnya atau bahkan di hadapan masyarakat umum. Selain membahas proyek, diharapkan seluruh siswa mampu menarik kesimpulan dari apa yang telah dipelajari dan juga dipraktikkan.