7 Jurusan Tata Boga di Kampus Negeri dan Swasta – Tata Boga adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang teknik mengolah dan menyajikan makanan dengan memperhatikan faktor-faktor lainnya seperti rasa, estetika, dan nilai gizi. Di jurusan ini kamu akan lebih banyak spaceman pragmatic melakukan praktik ketimbang teori, bisa dibilang 40% teori dan 60% praktik. Praktik yang kamu lakukan juga bukan hanya di kitchen lab, tetapi juga di laboratorium pendukung lainnya. Sebab, kamu tidak hanya belajar memasak, tetapi juga mengetahui nilai gizi dari suatu bahan makanan, mengetahui reaksi biologis dan kimia bahan makanan, dan lain-lain.

Rekomendasi Kampus Jurusan Tata Boga di Indonesia

1. The Sages Institute

The Sages Institute International gates of olympus slot merupakan salah satu kampus kuliner terbaik di Surabaya. Kampus ini menyediakan program D3 Seni Kuliner dengan kurikulum internasional. Inti utama dari kurikulum tersebut yakni memberikan dasar yang kuat kepada mahasiswa untuk perjalanan karier profesional dalam bidang bisnis kuliner.

2. Politeknik Internasional Bali

Politeknik Internasional Bali (PIB) merupakan kampus yang mengusung konsep tourism-preneur pertama di Indonesia yakni memberikan bekal pemahaman kewirausahaan pada bidang pariwisata. Hal ini tidak terlepas dari keberadaannya di Bali yang merupakan sentral pariwisata Indonesia. PIB telah berdiri sejak tahun 2017 dan memiliki 3 program studi yang salah satunya adalah D3 Culinary Arts atau Tata Boga. Durasi studi yang akan kamu tempuh selama kuliah di jurusan tersebut adalah 3 tahun dengan penempatan magang sebanyak 2 kali.

3. Ottimmo International

Pilihan kampus berikutnya untuk mendalami bidang Tata Boga yaitu Ottimmo International. Kampus ini memiliki program D3 dan S1 yang telah meraih akreditasi B dari BAN-PT. Fasilitas dan kurikulum yang diterapkan di kampus ini juga berstandar internasional dan memberikan kesempatan para mahasiswa untuk mengikuti program magang di hotel maupun restoran bergengsi di luar negeri.

4. Monas Pacific Culinary Academy

Monas Pacific Culinary Academy menyelenggarakan program D3 Kuliner dengan kurikulum yang cukup unik. Pada tahun pertama kamu hanya berfokus mempelajari cara membuat aneka roti dan kue dari berbagai negara (baking and pastry arts). Lalu, pada tahun kedua kamu akan fokus mempelajari berbagai masakan dari berbagai belahan dunia termasuk seni dalam mengolah dan menyajikan masakan tersebut (culinary arts).

5. Tristar Culinary Institute

Tristar Culinary Institute awalnya hanya menyelenggarakan program belajar bidang kuliner non gelar dengan menggunakan perpaduan kurikulum Indonesia dan luar negeri. Kegiatan belajarnya bisa dibilang full praktik karena teori hanya menjadi pengantar pada awal sesi saja. Namun, pada akhirnya dibuka juga program pendidikan formal dengan jenjang D3.

6. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Jurusan Tata Boga di UNJ tersedia dalam dua program, yaitu D3 dan S1. Keduanya bernaung pada fakultas yang sama yakni Fakultas Teknik. Saat ini program S1 Tata Boga telah meraih akreditasi A, sementara program D3 meraih akreditasi B. Materi perkuliahan di jurusan ini bukan hanya belajar tentang kuliner tetapi kamu juga akan mempelajari bidang pastry. Namun, untuk penyelesaian tugas akhir tentunya kamu hanya akan memilih satu bidang yang paling kamu minati.

7. Universitas Negeri Malang

Pilihan kampus berikutnya yang juga menyediakan Jurusan Tata Boga adalah Universitas Negeri Malang. Jurusan Tata Boga tersedia pada program D3 yang sudah berdiri sejak tahun 1997 berdasarkan Keputusan Dirjen Dikti Nomor 241/DIKTI/Kep/1997. Keputusan tersebut memuat mandat kepada Universitas Negeri Malang untuk menyelenggarakan pendidikan non-kependidikan pada jenjang D3.