Tujuan Kerja untuk Lulusan Bimbingan Konseling Islam – Bagi kalian yang ingin melanjutkan studi di jurusan Bimbingan slot bet 100 perak Konseling Islam, kalian mungkin juga mencari informasi tentang bagaimana prospek kerjanya. Maka dari itu, kalian perlu membaca artikel ini. Kehidupan manusia tidak pernah terlepas dari yang namanya masalah. Masalah-masalah kehidupan tersebut perlu diselesaikan. Tak jarang, banyak orang yang kesulitan dalam menghadapi dan menyelesaikan masalahnya. Mereka terkadang tidak bisa menyelesaikan masalahnya sendiri, mereka butuh bantuan orang lain dalam menyelesaikan masalahnya. Hal itu bisa dilakukan dengan cara curhat, meminta saran orang lain, atau mendatangi orang yang ahli.

Dalam hal ini, peran konselor bisa sangat dibutuhkan untuk membantu klien dalam memecahkan masalahnya dengan pendekatan psikologis. Sudah banyak kasus orang yang tidak sweet bonanza demo bisa menyelesaikan masalahnya dan berakhir tragis seperti menjadi stres bahkan bunuh diri. Untuk kasus-kasus seperti ini, orang-orang yang ahli seperti konselor atau psikolog sangat dibutuhkan. Bukan hanya untuk menyelesaikan masalah, tetapi juga mencegah adanya kasus-kasus ini dengan cara penyuluhan ataupun motivasi.

Konselor bisa membantu menangani masalah masalah berat yang membuat depresi, tetapi untuk masalah-masalah yang lebih dalam seperti gangguan jiwa maka itu adalah tugas psikolog yang lebih ahli dalam kasus tersebut. Lalu, bagaimana dengan bimbingan konseling Islam? Tentunya sama dengan bimbingan konseling umum, prospek kerja bimbingan konseling Islam juga luas berhubung masyarakat Indonesia ini mayoritas beragama Islam. Dan tentunya banyak klien muslim yang membutuhkan bimbingan dari konselor yang menggunakan konseling Islami.

Pekerja Pekerja Sosial dan Penyuluh Berbasis Islam

Lulusan-lulusan Bimbingan Konseling Islam bisa bekerja di departemen sosial, LSM, atau lembaga-lembaga slot thailand sosial lainnya. Bukan hanya itu, mereka juga bisa bekerja di perusahaan perusahaan-perusahaan, rumah sakit, ataupun tempat lainnya yang membutuhkan konselor dan penyuluh. Contohnya mereka bisa bekerja sebagai pembimbing bagi mereka yang akan melakukan pernikahan, dan lain sebagainya.

Dengan demikian, bisa dikatakan jurusan Bimbingan Konseling Islam memiliki prospek kerja yang bagus. Mereka bisa bekerja mandiri sebagai enterpreneur, menjadi guru BK, bekerja di lembaga-lembaga sosial dan perusahaan ataupun tempat lainnya sebagai konselor atau penyuluh. Selain karir-karir yang telah disebutkan di atas, tentunya tidak menutup kemungkinan adanya prospek kerja yang lain.

Guru BK

Bimbingan konseling biasa dilakukan di sekolah-sekolah. Hal itu karena tugas sekolah bukan hanya mengajar ataupun mendidik saja melainkan juga membentuk karakter siswa yang baik. Guru BK dibutuhkan untuk menangani masalah masalah siswa seperti kenakalan, kasus bullying, kesulitan belajar, dan lain sebagainya. Tentunya, ini menjadi prospek yang bagus buat para lulusan jurusan Bimbingan Konseling Islam. Mereka bisa menjadi guru BK di madrasah-madrasah seperti MI, MTS, dan MA negeri ataupun swasta. Dan tidak menutup kemungkinan juga mereka bisa bertugas di sekolah-sekolah umum seperti SD, SMP, dan SMA.

Akademisi

Jika lulusan lulusan S1 bimbingan konseling Islam melanjutkan studinya ke S2, mereka juga bisa menjadi akademisi yakni menjadi dosen dan mengajar di jurusan bimbingan konseling Islam atau jurusan lain yang terdapat mata kuliah tentang bimbingan konseling. Lulusan bimbingan konseling Islam juga bisa menjadi peneliti dalam persoalan konseling.

Bekerja di Pusat – Pusat Rehabilitasi

Lulusan BKI juga bisa menjadi konselor di pusat pusat rehabilitasi, seperti rehabilitasi narkoba, rehabilitasi korban bencana alam, dan lain sebagainya. Tentunya, mereka para pasien dan korban membutuhkan nasehat-nasehat dan arahan-arahan dari konselor.

Menjadi Entrepreneur atau Wiraswasta

Lulusan-lulusan bimbingan konseling Islam juga bisa menjadi pengusaha atau entrepreneur dalam bidang keahliannya seperti menjadi motivator, trainer, konsultan, ataupun penerbitan buku tentang konseling. Orang yang ahli dalam bidang konseling tentunya mereka juga jago memotivasi orang lain melatih mereka dan menjadi konsultan bagi mereka. Anda juga bisa menulis buku tentang konseling dan memasarkannya. Selain itu bisa juga Anda membuka klinik konseling.